21 Nov 2012

Istikomahin Puasa Senin Kamis, berkahnya subhanallah!

       Puasa senin kamis, hal yang sangat familiar untuk kaum muslimin-muslimat kawan. Ini merupakan salah satu sunah Rasul, dan yang saya ingat, ada kidas dimana ada pemuda yang biasa-biasa saja dalam beribadah, sedekah juga seadanya, tetapi dia bisa masuk surga, karena dia rajin puasa sunah. Cerita diatas sering saya dengar ketika pengajian umum, terutama sewaktu saya masih ikut TPQ (Taman Pendidikan Quran) di dusun tercinta, Kambingan. Nah, sayapun mulai SD (Sekolah Dasar, bukan Sekolah Dungu) sudah belajar puasa senin kamis kawan. Karena ingin jadi ahli puasa, mau kemana-mana, mau kaya, mau miskin, mau jadi presiden, juga harus tetap cinta puasa sunah. ^_^ | Memang banyak puasa sunah, ada puasa nabi daud (baca, Indahnya puasa nabi daud), ada puasa senin kamis (yg dibahas kali ini), ada pula puasa tengah bulan (nanti menyusul), juga berbagai puasa dihari-hari tertentu. 
       Ingatkah anda hikmah dari puasa itu sendiri? Ah, saya juga terkadang lupa dulur, sumongko (dan mari) kita saling mengingatkan dalam kesabaran dan kebaikan (An-nasr ayat 3). Alhamdulillah dahulu waktu SD, SMP dan SMA sudah mendapat banyak sekali pelajaran hikmah puasa. Mungkin kita (atau gue aja kali ye?) terlalu banyak berbuat dosa, dan tidak mengamalkan ilmu-ilmu itu, sehingga sangat mudah terlupa. Berikut sedikit kite bahas lagi ye, ape aje noh hikmah dari pause senin kamis…. (logat betawi aje dulu ye) ;) 
1. Pahala yang tak terhingga bagi orang yang berpuasa 
2. Amalan puasa khusus untuk Allah 
3. Sebab pahala puasa, seseorang masuk surga 
4. Dua kebahagiaan seorang yang berpuasa adalah bahagia ketika dia berbuka, dan bahagia ketika bertemu dengan Rabbnya 
5. Bau mulut orang berpuasa lebih harum disisi Allah dari pada bau minyak katsuri 
(hikmah2 diatas, diambil dari hadist yang disimpulkan, diperindah aje, biar kagak bikin boring jeh! :D ) 
       Nah, bagaimana dulur sudah pada minat puasa sunah belum? Dawuhe (kata) bapa (bapak), “le, sing sregep pasa, sing kuat tirakat, cek urip nrima lan berkah!” sudah tahu artinya bukan? Dapat diartikan sebagai berikut “nak, yang rajin puasa, yang kuat menahan nafsu + ibadah, supaya hidup bersyukur tan tidak kufur (nrima) dan berkah!” Saya juga pernah dengar dari ustad, kyai dan dari teman-temannya, bahwa rasul minimal puasa sunah tiga hari dalam satu bulan (ini masuk dalam puasa tengah bulan biasanya). Ketika puasa senin kamis, ini dianjurkan karena Rasul karena pada hari senin beliau dilahirkan, dan hari satunya adalah ketika Rasul diutus sebagai Rasul. 
       Alhamdulillah kawan, sejak kelas 1SMP (kalau zaman sekarang mah kelasVII) Alhamdulillah sudah mulai rajin puasa senin kamis. Sempat sih dulur naik turun, misal beberapa minggu tanpa puasa, di kelas 2 SMP, dikelas XI SMA juga sedikit putus-nyambung putus-nyambung. Alhamdulillah, setiap detik rasanya hati ini bertambah tentram, bertambah syukur, bertambah pula keampuhan ucapan. Ini semua karena keberkahan dari Allah, hal-hal yang dahulu tidak bisa saya pikirkan untuk mudah dilakukan, ternyata lempeng sekali, semua karena keberkahan dari Allah. 
       Masih belum mau puasa senin kamis? Satu-satunya cara untuk mengetahui rasa kelaparan kaum kekurangan adalah dengan berpuasa dengan ikhlas. Hati akan terketuk kawan, lalu akan mudah memaknai rejeki dan nikmat. Dengan berpuasa kita juga akan terbiasa hidup sederhana, biarpun bisa beli es krim dan “paha + dada” (ini yang di maksud di KFC, kan ditanya, mau paha atau dada ayam?) :D, tetapi lebih memilih air putih dan tempe. Kemampuan syukurpun akan meningkat pesat kawan, karena terlatih untuk merasakan nikmat ketika berbuka. Semoga kita semua jadi ahli puasa kawan, amin… ^_^ 
        Kemudian ada noh yang niatin puase buat sukses, buat jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), biar lulus ujian, biar keterima di PTN/K (Perguruan Tinggi Negeri/Kedinasan), juge TNI (Tentara Nasional Indonesia) atau Polisi. Ah itu jelas tak boleh lah, niatnye tetep harus karene Allah dan Rasul Nye. Trus, do’anye bise buat sukses, jadi PNS, masuk PTN/K, jadi TNI, Polisi, DPR, Pengusaha dan lain sebagainye. Yuk mari, istikomahin puase senin kamisnye, lurusin niatnye, kencengin do’anye. Semoga semua do’a dulur dikabulkan oleh Allah, dapat berkah dan sukses dunia akhirat. Aamiiinnnn, salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi…. ^_^

4 comments:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com