23 Apr 2012

Ayo Nyantri

Santri yang sedang mendikuti kajian.
       Pancasila-adalah sumber hukum utama serta pertama di Indonesia, seperti halnya Al-quran sebagai hukum utama dan pertama bagi umat islam. Hal lain yang perlu dipahami lagi yaitu sila pertama Pancasila, yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Dari sila pertama itu tentu kita bisa memahami seberapa pentingnya agama bagi negeri ini. Akan tetapi akhir-akhir ini begitu banyak orang yang sudah melupakan agama. Bahkan tragisnya dunia pendidikan sekarang pelajaran agama hanya untuk sambilan saja, bukan sebagai materi utama. 
        Ini pula yang menyebabkan banyak para pelajar yang paham tentang iptek tetapi tidak mengerti mana yang benar mana yang salah. Tidak pula peka akan budi pekerti yang baik, yang sebenarnya diajarkan di bidang agama. Saya yang sekolah di SD, SMP, SMA negeripun merasakan hal serupa, beruntung ketika kuliah saya mengenyam dunia pesantren (Pesantren Mahasiswa Darul Hijrah). Hal ini membuat para pelajar lebih arif dan bijaksana. Kita mungkin sering mendengar slogan “Ayo Sekolah!”, kenapa sekarang tidak menggunakan slogan “Ayo Nyantri!”. Karena sekarang nyantri tak hanya identik dengan agama islam, sekarang sudah ada asrama untuk agama-agama lain, yang tentu semuanya untuk mengajari akhlak dan budi pekerti. Dengan begitu para pelajar yang kelak jadi pemimpin itu tak hanya berpikir kritis dan logis, tetapi juga berpikir mulia, bijak, serta memiliki budi pekerti yang baik seperti cerminan sila pertama Pancasila. (*) 
TYAS HARYADI, Mahasiswa Teknik Informatika UIN Maliki Malang
       Semoga tulisan kali ini juga bermanfaat kawan, karena kita memang butuh para pemimpin dan juga rakyat yang paham akan agamanya. Bukan hanya yang pandai melogikakan kemenangan, melogikakan kekayaan dan kebijakan, tetapi mampu menata hati untuk semua elemen kawan. Semoga kelak makin banyak anak negeri ini yang mampu menyeimbangkan antara agama dan duniawi. Sesuai dengan sila pertama pancasila, semoga gagasan kali ini bermanfaat untuk sebuah gerakan. Terimakasih, salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi…. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com