27 Feb 2012

Batalin Puasa.

*mlm selasa, yg td puasa smoga Allah mencatatnya jd amal baik dan meningkatkan iman serta taqwax amin. yg belum puasa sunah semoga ntar bisa puasa sunah dah. amin..... :)

kawan, sering orang yg sdh terlanjur cinta puasa sunah, hatix serasa mati, fisikx jd pesakitan, seperti kehilangan bagian dari diri, jika seminggu saja dia g'puasa sunah. (kecuali yg sdg tanggal merah bwt cew).
puasa sunah yg bisa dirutini ya itu dia, puasa senin kamis serta puasa tengah bulan yaitu tgl 12,13,14 bulan qomariyah.
tp kawan, ada kalax puasa itu harus dibatalkan!
loh kok dibatalin? g'EMAN2 (bhs jawa)?
Rasul tu, sering puasa sunah tanpa niat pada malam harix, ketika sampai jam10n misal (dulu tw oda ada jam atw belum) beliau belum makan dan tidak makanan, maka beliau niatkan untuk berpuasa.
tapi, beliau jg bisa dengan mudah membatalkan puasa sunahnya bila menerima jamuan atw tawaran makan (gratis) dr saudara, tetangga atw orang lain.
kalau sekarang? pasti akan pikir2 dahulu, apalagi sudah jm4 sore! nanggung kan? itulah mulianya Rasul kawan, lebih menghargai orang lain yg ingin menjamu beliau. ini juga yg sering sy Rasakan ketika mau puasa senin kamis atw tengah bulan, ternyata ada jamuan saat silaturohim. pertama sy tolak, tp mulai sdr dan belajar mengikuti sunah Rasul lalu menggantix dihari lain, karena sy rindu puasa.
lalu, kenapa Rasul menerima tawaran untuk makan ketika sedang puasa sunah. beliau tak mau menyakiti hati orang2 yg menawari, kemauan mengelola diri utk tidak egois, dan kemampuan menekan rasa kesombongan dari awal, lbh awal, dan beliau ingin mengajarkan bahwa islam itu sangatlah toleran.
maka dari itu, yg biasax puasa sunah lalu dpt jamuan, jgn ragu buat batalin tp dengan niat mengikuti sunah Rasul, setelah itu bisa diganti hari2 lain. kn Rasul masih ngajarin puasa dawud. (sehari puasa sehari berbuka), semoga semakin banyak umat muslim yg jd ahli puasa... amin ya rabb. salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi   ... ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com