10 Dec 2011

Trenggalek, tepian samudera Hindia

Pantai Pasir Putih Trenggalek.
       Serangkaian puzzle selalu terbagi dari berbagai bagian untuk menjadi suatu kesatuan yg lebih indah dan utuh. Begitu pula yang namanya kota di sebuah provinsi, privinsi di sebuah pulau, pulau disebuah Negara, ini berlaku untuk Indonesia kawan. Puzzle provinsi Jawa Timur kali ini sampai di sebuah kabupaten dengan nama Trenggalek. Sebuah kabupaten yang berada antara Tulungagung, Ponorogo, dan Pacitan. Saya belum sempat menjelajah sampai habis di kota yang luasnya 1.205,22 km² ini, bahkan untuk tempat wisatanya baru candi Brokah yang pernah saya dinggahi kawan. Tapi satu pembelajaran yang saya dapat dari sini *untuk menilai positif sesuatu tak perlu waktu lama untuk mengenal, tak perlu terlalu detil dalam memandang. Cukuplah kita ambil sisi baiknya dan mampu memberi hikmah untuk kita. * kata bijak kali ini kawan… :D
        Saya hanya beberapa kali pula lewat trenggalek kawan, yaitu ketika mengikuti lintas alam Lindri LandRock yang telah memecahkan rekor MURI. Yang diadakan di tulung agung, karena rumah ortu berada di Magetan, otomatis harus lewat kota yang penuh pegunungan ini kawan. Selain itu saya pulang dari blitar pernah sepedahan motor ke Magetan lewat kota ini, dan akhirnya sekali silaturohim ke rumah teman-teman yang ada disana. Sesuatu sekali melihat sebuah cermin kecil dari kota nan besar, dapat kita ambil dari contoh sekitar yang kita lihat.
        Melihat sekilas Trenggalek punya keindahan dari pegunungannya, yang memang indah, tak terlalu lebat oleh tanaman (ciri khas kota pinggiran). Penduduk yang masih satu rumput budaya, bahasa, dan juga postur tubuh dengan plat AE (karisidenan Madiun). Keramahan para penduduknya, yang saya ambil dari keramahan teman-teman saya beserta keluarganya. Dengan segala potensi yang ada ini, kelaknya kota Trenggalek bisa lebih baik dan memiliki income serta memberi kesejahteraan untuk para masyarakatnya. Dua rumah kawan yang sudah kami kunjungi di Trenggalek adalah rumah saudaru Zami dan saudara Fahri, sama-sama teman satu jurusan, satu angkatan. Terimaksih untuk kedua teman saya ini beserta keluarganya, karena telah merepotkan, nanti kalo kesana dijamu lagi ya! ^_^
         Adapun beberapa tempat wisata di Trenggalek yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi, setahu saya waktu searching dah seperti berikut:
1. Guo Lowo. Merupakan salah satu gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara.
2. Pantai Prigi. Pusat pariwisata dan perekonomian warga Kecamatan Watulimo. Terdapat tempat pelelangan ikan dan merupakan Pelabuhan Nusantara.
3. Pantai Pasir Putih. Kurang lebih 2 km dari Pantai Prigi. Terkenal karena pasirnya yang putih bersih.
4. Pantai Pelang. Pantai yang terletak di Kecamatan Panggul ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Memiliki air terjun dan pulau kecil-kecil yang indah.
5. Larung Sembonyo. Upacara adat pesisir yang selalu menarik perhatian wisatawan asing maupun domestik. Diadakan setahun sekali di Pantai Prigi.
6. Pemandian Tapan. Terletak di Kecamatan Karangan, merupakan kolam pemandian alami yang berada di kawasan pegunungan yang airnya langsung dari sumber sehingga terjamin kebersihannya.
7. Upacara Dam Bagong. Diadakan setiap tahun sekali dengan mempersembahkan kepala kerbau untuk di larung di Kali Bagong.
8. Candi Brongkah. Merupakan candi yang berisi sejarah asal-usul Trenggalek.
9. Alun-alun Kota. Sarana rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi warga Trenggalek, terutama pada malam minggu, serta pada hari hari menjelang proklamasi kemerdekaan RI dimana di alun alun kota trenggalek diadakan bazaar dan taman hiburan rakyat yang dapat menghibur anak anak maupun orang dewasa
10. Tari Turonggo Yakso. Merupakan tarian khas Kabupaten Trenggalek.
        Ternyata subhanallah juga ya, pastikan nanti kalau berkunjung ke Trenggalek kita mampir dulu ke tempat wisata ini kawan. Semoga bermanfaat salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi…. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com