31 Jul 2011

Cara memilih Nama Blog dan Judul Blog.

Domain animation.
       Memiliih nama dan judul yang tepat untuk blog tentu butuh beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Kali ini kita bahas adalah domain dan juga judul blog. Domain adalah nama yang dapat kita cari atau biasa kita pahami dengan link (http). Domain memiliki nilai tertinggi dalam search engine, karena yang pertama dibaca adalah domain suatu web atau blog. Selanjutnya adalah judul blog, memiliki nilai tertinggi kedua setelah domain, karena judul adalah sesuatu yang tertulis di kepala blog atau sebuah web.
        Dalam memilih nama blog kita, hendaknya kita lebih selektif, maksud dari selektif disini adalah memilih sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Sesuai dengan kehendak hati, hobi, minat dan juga bakat kita. Selanjutnya pilihlah yang memiliki kosa kata yang mudah diingat serta bisa diambil oleh search engine semacam google. Nama blog yang baik hendaknya unik, menarik, familiar, mudah diingat, serta terdiri antara 2-5 suku kata. Kita misalkan saja blog seperti tyasharyadi.blogspot.com (kali ini mengambil nama), tentu akan lebih mudah diingat daripada t1y45h4ry4d1.blogspot.com. Hal ini kadang digunakan untuk memeperindah blog tetapi malah merugikan blogger itu sendiri.
        Dalam memilih nama juga hendaknya konsisten, konsisten yang dimaksud disini adalah penggunaan bahasa. Jika menggunakan bahasa jawa, Indonesia, inggris ataupun arab, hendaknya menggunakan kata-kata itu dalam judul blog. Atau anda bisa menggunakan kolaborasi huruf, misal 234ku.blogspot.com, rudi99.blogspot.com, dan lain sebagainya. Untuk tanda penghubung juga jangan terlalu banyak, melainkan maksimalkan beberapa kata saja agar bisa dibaca dan dimaksimalkan oleh orang lain dalam pencarian. Jangan gunakan kata-kata yang sulit dieja, dibaca, apalagi sulit diingat.
        Selanjutnya adalah judul, jika kita ingin memperkuat antara domain dan judul untuk memperkuat blog kita. Maka saya menyarankan untuk membuat kemiripan antara domain dan judul yang ada dalam blog. Seperti ketika anda mencari tyas haryadi dalam google, maka akan menunjukkan blog dengan nama yang sama dan judul yang sama. Berbeda ketika mencari visit to magetan di google, maka akan anda temukan smalem.blogspot.com. Ini kurang memenuhi criteria kesinambungan antara domain dan hosting, serta membuat salah satu nama menjadi tersia-siakan. Karena kurang ada ID yang diinginkan, dan masih rancu antara domain atau judul yang menjadi sumber utamanya.
        Tapi jika berbeda ini akan member kesempatan untuk memaksimalkan blog ini menjadi multi isi. Baik itu bisnis, usaha, maupun hanya sekedar hobi dan semangat perjuangan. Semoga postingan kali ini bermanfaat, salam dari sang pengembala. Tyas Haryadi… ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com