15 Nov 2010

Usaha potensial untuk mahasiswa

     Mahasiswa adalah elemen yang sedikit, bahkan lebih sedikit dari koruptor apalagi dibandingan dengan masyarakat miskin di negeri ini. Para pemuda dan pemudi ini pula yang digadang-gadang sebagai agen of change. Dalam perkembangan dan aplikasi dalam kehidupan bermasyarakat terutama di daerah pedesaan memang masih kurang terlihat, ini karena ilmu yang didapatkan oleh para pemuda ini tidak dapat disampaikan kepada masyarakat luas, melainkan hanya kepada perusahaan ataupun usaha tempat mencari nafkah. Ini salah satu penyebab kenapa di Indonesia masih sangat minim sekali kontribusi mahasiswa kepada daerah terutama daerah pedalaman. Di Negara yang berkembang seperti Indinesia ini sangatlah dibutuhkan para pemuda terutama mahasiswa untuk mengubah dunia, salah satunya yaitu dibidang wirausaha atau bisnis.
     Dewasa ini banyak sekali kalangan yang menggadang-gadang dunia bisnis atau usaha sebagai salah satu penggerak ekonomi suatu bangsa. Dan mahasiswaa yang menjadi orang paling paham dan update informasi (selain jurnalis tentunya) mendapatan efek yang positif. Para mahasiswa mulai bergerak berorientasi untuk menjadikan usaha sendiri dan memenuhi kebutuhannya dengan menjadi saudagar. Inilah yang menajdikan saya menulis sedikit tentang usaha yang potensial bagi para mahsiswa. Kali saya mengelompokkan kepada dua hal yaitu yang memiliki modal atau yang belum punya modal, ini modal uang bukan modal semangat, strategi, ataupun ilmu.
      Bagi beberapa yang sudah mempunyai modal, ini saya hitung mulai 3 juta keatas, usaha yang sangat potensial bagi para mahasiswa yang punya modal adalah membuka toko atau kios maupun produk sendiri. Ini bisa berbentuk sebuah RM (rumah makan), WM (warung makan), CTM (café dan tempat makan), atau jualan ET (es tebu atau es teler), ataupun penyidia jasa katering. Ini dalam hal makanan, dalam hal jasa bisa membuat jasa penjahitan, potong rambut, dan lain sebagainya, usaha yang sedikit dilirik oleh kaum muda. Adapula penjualan bahan-bahan bangunan, distro, alat-alat tulis, sampai penjualan pulsa juga menjadi alternatif yang sangat menggiurkan. Masih banyak pula usaha-usaha yang sangat potensial bagi para mahasiswa yang sampai detik ini masih banyak yang bingung memikirkan mau kerja apa seteah kuliah? Bahkan ketika kuliahpun para mahsiswa sudah bisa menjadi seorang pengusaha bukan hanya seorang pekerja.
      Setelah kaum bermodal terbantu saatnya yang belum punya modal menunjukkan taringnya dalam dunia usaha. Modal utama yang dimiliki oleh seseorang yang belum punya modal adalah relasi, kerja keras semangat dan kekreatifitasan. Kalau yang belum bermodal seperti ini lebih cocok sebagai makelar, tapi bukan sembarangan makelar ataupun hanya menerima beberapa persen dari hasil kerja yang sangat keras. Para pemodal atau pemilik barang akan sangat percaya kepada orang yang dapat dipercayakan pastikan itu anda. Salah satunya sebagai penyalur penjualan alat elektronik seperti laptop, hand phone, I pod, dan lain sebagainya. Bisa pula bergerak dibidang usaha seperti percetakan, sablon, makanan, dan minuman, tetapi saya ingat sekali lagi, Cuma sebagai makelar bukan sebagai produsen.
     Mungkin hanya sedikit yang bisa saya sampaikan kepada para mahasiswa di tanah air yang sangat haus tentang dunia bisnis dan usaha. Semoga bermanfaat untuk kita semua, amin ya rabbal alamin,,,,, ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com