10 May 2010

Cara Merawat Laptop

     Tahun 2010, siapa yang tidak mengenal laptop? Bahkan pemiliknya sudah sangat banyak sehingga bukan menjadi barang mewah lagi. Melainkan menjadi kebutuhan sekunder atau utama bagi sebagian orang. Tapi jika laptop kita rusak tentu juga bikin hati terganjal, karena kita harus merogoh kocek untuk memperbaiki. Daripada memperbaiki lebih baik kita merawatnya, dan inilah beberapa cara merawat laptop: 
1. Bersihkan laptop anda secara berkala, dalam islam dikenal dengan “annadofatul minal iman” kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika laptop anda dijaga kebersihannya maka segala propertinya akan terhidar dari debu-debu yang bisa menjadi pemicu korosi (karat).
2. Mematikan laptop dengan cara wajar, yaitu dengan shot down atau hibernate. Kadang kita mematikan dengan cara menekan tombol power ataupun yang lebih parah yaitu dengan melepaskan baterai. Ketika kita mematikan laptop dengan menekan tombol power itu akan berpengaruh pada hard disk, karena hard disk di[aksa berhenti saat masih bekerja. Kalau dengan lepas baterai, dua hal yang dapat merugikan kita yaitu hard disk dan juga baterai, saat baterai dilepas aliran listrik diputus paksa senhingga berpengaruh pada terminal dan item baterai itu sendiri. Jangan lupa harag baterai + hard disk sebuah laptop ada 1/3 dari harga laptop itu sendiri.
3. Jangan sering memindahkan laptop pada waktu keadaan hidup, karena ketika hidup hard disk masih bekerja sehingga dapat membuat hard disk tergores atau posisinya tergeser.
4. Jangan membawa laptop dengan barang-barang lain dalam satu tas, karena dapat menindih laptop dan menyebabkan rusak pada bagian layarnya ( yang paling sering karena tertindih).
5. Letakkan laptop dengan posisi tidur atau terlentang, bukan posisi berdiri. Kenapa? Karena posisi hard disk, RAM, dan item lain adalah tidur sehingga mengamankan hardware tersebut.
6. Jaga suhu laptop saat digunakan, karena laptop juga punya suhu normal yaitu 300-690 celcius. Jika terlalu panas maka gunakan coolpate, agar bisa membantu pendinginan laptop itu sendiri.
7. Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang terlalu empuk pada penggunaan karena akan menghambat keluarnya udara panas. Sehingga akan mengganggu kinerja laptop.
8. Jauhkan laptop anda dari handphone, karena gaya magnet yang ada pada HP anda dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk di laptop anda. Jarak ideal antara laptop dan HP adalah 20-30cm.
      Beberapa trik diatas hanya membantu anda untuk mempermudah dalam perawatan laptop, semua tergantung pada kehati-hatian dan penjagaan anda. Sebelum ada kerusakan lebih parah lebih baik anda servicekan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati jadi cegah dulu aja. Ok? Selamat mencoba,,,,,,,,,,

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com